Tentang CD, DVD, DVD blank, DVD-rom, DVD-rw, DVD drive dan yang bersangkutan

Kepingan disk (CD atau DVD) sebagai media penyimpanan data digital yang digunakan selain pada harddisk.

Jenis kepingan disk umumnya ada dua, yaitu CD dan DVD

CD berkapasitas 700 Mb
DVD berkapasitas 4,7 Gb

Kedua yang saya sebutkan adalah disk ukuran umum, yaitu 120mm. Selain daripada ini terdapat mini CD yang berukuran lebih kecil (80mm) berkapasitas lebih kecil, biasanya dipakai di camera recorder karena cukup kecil. Sebutannya Mini-CD dan Mini-DVD

Kedua jenis disk tersebut terbagi lagi jenisnya menurut kemampuan penulisannya:

1. Disk sekali pakai (CD-R, DVD-R, DVD+R)
2. Disk berulang pakai (CD-RW, DVD-RW)

*) keterangan

  1. Disk sekali pakai dapat dilakukan proses penulisan (burn) pada media hanya sekali. Selanjutnya data yang telah diburn tidak dapat diubah-ubah lagi.
    CD-R, DVD-R adalah format umum cd/dvd blank yang hanya bisa dilakukan sekali penulisan. DVD+R kurang populer di pasaran. Tentang perbedaanya bisa dilihat di link di atas (wikipedia)
  2. Sedangkan disk berulang kali pakai dapat ditulis dan dihapus berulang kali selama kondisi cd/dvd masih bisa ditolerir. Jika disk sudah dalam keadaan beret-beret (tergores-gores) sebaiknya jangan lagi dipakai untuk menghindari kehilangan data anda yang anda burn pada media ini.
    Termasuk jenis ini yaitu disk yang memiliki tulisan CD-RW, DVD-RW.

Harga  untuk -RW lebih mahal dari yang -R. Jika anda memiliki -RW usahakan tidak terkena debu atau yang dapat membuat permukaan disk tergores sehingga anda dapat menggunakan -RW hingga berkali-kali pakai.

Saya tidak tahu pasti berapa kali CD/DVD-rw dapat digunakan (dihapus dan diburn kembali) tapi selama kondisi disk masih bagus dan tidak digunakan secara ekstrim (misalnya 110x burn)  disk masih dapat anda manfaatkan. I would say 20x dengan pemakaian normal dan terpelihara dengan baik. Tapi jika sudah ada gores-gores, berharaplah data yang akan anda burn masih bisa terbaca kelak.

Selain itu ada juga jenis disk lain yaitu single side dan double side, serta single layer dan double layer.

Double side itu disk yang kedua sisinya bisa dipakai, jadi nggak ada covernya. Kalo double layer mempunyai kapasitas yang lebih besar dua kali lipat, memiliki kepadatan yang lebih tinggi, tapi harga dvd blanknya nggak sebanding dengan kapasitasnya, jadi kurang begitu populer, biasanya dvd film2 baru asli pake ini.

keterangan CD DVD
Recordable Sekali burn CD-R DVD-R
Rewritable Bisa dihapus CD-RW DVD-RW
Single side kapasitas 700Mb 4700Mb


Jenis Disk Drive

Disk drive adalah perangkat keras (hardware) untuk membaca disk. Disk drive terpsang di CPU bagian depan untuk memudahkan memasukkan disk.

Jenis disk drive dibagi menurut kemampuan membaca atau menulis CD atau DVD.

CD DVD
Read Write Read Write
CDR

- - -
CDRW - -
DVD Combo -
DVDR -
DVDRW

*) Untuk drive dengan kemampuan blu-ray belum kami bahas, soalnya pada saat ini pemakaiannya masih terbatas, belum menyebar luas & populer.

Pembakaran CD

Pembakaran (burn) pada cd blank atau cd kosong merupakan proses penulisan data pada media kepingan cd/dvd. Kenapa disebut pembakaran aku juga nggak tau, mungkin karena setelah proses selesai cdnya jadi panas karena ditembaki sinar laser penulis data.

  • Anda dapat menyimpan data pada media dvd maupun cd yang kosong (blank), bisa dibeli di toko2 komputer terdekat di kota anda. Seperti yang telah disebutkan di atas jenisnya ada bermacam-macam.
  • Anda hanya bisa burn pada disk -R yang masih blank atau masih dalam keadaan terbuka (open).
  • Anda bisa menghapus seluruh/sebagian data di disk -RW.
  • Anda tidak bisa menghapus data yang sudah diburn di disk -R.

*) Sebelum anda ngeburn perlu diperhatikan beberapa hal. Pada saat pengeburnan program pengeburnan mempunyai setting apakah disk tersebut dapat diisi data kembali jika masih tersisa kosong free space pada disk atau tidak.

Perlu anda ketahui, program pembakar disk di luar windows explorer (seperti Nero, dan yang freeware alias gratis (dapat diunduh secara gratiss) seperti CDBurnerXP dan ImgBurn), semuanya mempunyai settingan untuk membiarkan disk yang akan anda burn tetap terbuka (open) sehingga bisa dilakukan burn untuk yang kedua kalinya pada disk yang sama apabila masih ada ruang yang kosong, misalnya anda burn pada dvd berkapasitas 4,7 Gb dengan data sebesar 1Gb, berarti sisa 3,7Gb tuh, atau memilih opsi untuk menutup DVD tersebut (close), sehingga disk yang sudah diburn tidak akan bisa ditambah atau dihapus lagi (untuk yang -RW, data di dalam disk yang masih open bisa didelete pada proses burn selanjutnya.)

Pilihan burn yang hanya sekali saja (disc-at-once), atau berkali-kali (track-at-once) hanya pada disk CD-R, DVD-R, mengingat kalao CD-RW/DVD-RW menjadi tidak opsional. Pada program Nero bisa dilihat pilihan ini sebelum anda mengklik ‘Burn’ pada opsi centangan ‘Allow files to be added later’ atau semacamnya yang memperbolehkan disk untuk ditambahi data lagi nantinya. Jika anda burn lewat windows explorer maka tidak ada pilihan ini (Windows XP).

Pada settingan ini cd akan dibagi menjadi session-session berdasarkan satu kali proses burn. Drive yang baru-baru (kalo belinya tahun 2004 ke atas) biasanya bisa membaca seluruh session, hanya cd drive lama saja yang kadang hanya bisa membaca session pertama saja. Jumlahnya bebas tergantung besarnya data yang dituliskan ke cd hingga penuh.

Tips

  • Sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan cd bagian bawah. Kalau bagian atasnya sih nggak apa-apa (cover). Apalagi tangan anda belum dicuci sehabis mbenerin motor belepotan oli atau membuat karya gerabah dari tanah liat dan tangan anda berpasir yang mulai mengering. Usahakan sebisa mungkin jangan taruh cd dalam keadaan cover menghadap ke atas di aspal berkerikil tajam, tapi bisa gunakan cd case atau tempat yang bersih.
  • Jika permukaan cd berdebu atau berminyak bisa dengan hati-hati bersihkan menggunakan tissue, kain lap bertekstur lembut untuk lebih meringankan beban disk drive, karena cd yang kotor akan sulit dibaca oleh drive. Hanya saja membersihkannya harus dengan lembut, minimalkan tekanan pada disk untuk berjaga-jaga apabila ada debu mikroskopik supaya tidak menggores permukaan. CD terkena air tidak masalah asalkan tidak membuat luntur cover dan sudah kering benar sebelum dimasukkan dalam drive.

Troubles
Penggunaan CD atau DVD tidak terlepas dari masalah. Terkadang data yang telah dimasukkan dalam disk tidak bisa dibaca, seluruhnya atau sebagian.
Penyebab kerusakan pada media kepingan disk ada beberapa. Bisa karena disk tergores dan meninggalkan bekas pada permukaan disk yang bagian bawah di mana data dibaca oleh disk drive, yang menyebabkan data tidak terbaca, dengan gejala akses disk lama, explorer suka not responding, dan kegagalan mengcopy atau film hang/macet di tengah jalan.

Beberapa permasalahan dalam pembakaran CD. Jika anda merasa sudah ngeburn di cd tapi isinya nggak keluar sama sekali di explorer, kemungkinan terjadi kegagalan dalam proses burn. Penyebabnya tidak bisa diketahui secara pasti, pengalaman saya biasanya komputer tidak bisa menemukan file yang akan diburn (file terpindah, ter-rename, harddisk ilang) pada kompilasi awal.

Penyebab lain yang kadang tidak disadari pengguna yaitu karena DVD drive sudah memiliki optik yang lemah karena sudah berumur atau terlalu banyak dipakai. Optik yang lemah tidak bisa melakukan burn dengan sempurna, ataupun melakukan proses membaca dengan cepat. Gejalanya yaitu akses cd/dvd terasa terlalu lama dan sering hang. Pada waktu proses burn sering sekali terjadi kegagalan, sehingga burn gagal mengemankan DVD blank dan data di disk rusak.

Kerusakan pada dvd drive lainnya yang bisa anda waspadai yaitu tray tidak bisa terbuka (jammed). Jika masih ada cd di dalam dan anda benar-benar urgent untuk mengeluarkan disk (cd/dvd) yang ada di dalam disk drive, atau komputer masih dalam keadaan mati dan anda malas untuk menghidupkan PC dulu, ada caranya. Pada disk drive terdapat lubang kecil bulat sebesar 1mm di depan, bawahnya tray. Lubang itu bukan tidak ada maksudnya. Anda dapat membuka tray (tempat untuk menaruh CD) dengan cara menyundul lewat lubang kecil tersebut. Simply, masukkan obyek kecil panjang kuat ke dalam lubang kecil, objek akan menyundul gerigi di dalam drive dan membuka tray sedikit, selanjutnya dapat anda tarik sendiri. Anda bisa menggunakan jarum, kawat, obeng kecil, atau benda lainnya. Hanya saja ingat, komputer tidak boleh dalam keadaan menyala, apalagi masih dalam keadaan memutar cd.

About these ads

30 Komentar

Filed under Uncategorized

30 responses to “Tentang CD, DVD, DVD blank, DVD-rom, DVD-rw, DVD drive dan yang bersangkutan

  1. comp saya windows xp setelah di pormat dengan tampian vista,DVD RW saya kok jadi gak bisa baca atau blank tolong solusi nya.

    • Rido Arianggoro

      kalau boleh saya tau pake program apa namanya (buat ubah tampilan windows xp ke vista)
      sudah dicoba untuk beberapa dvd apa semuanya blank padahal ada isinya,

    • Rido Arianggoro

      kemungkinan kecil driver untuk dvd drivenya keganggu, kalo tau programnya mungkin bs dicek ke web ato google, coba lepas dvd drivenya terus nyalain, terus pasang lagi, ato sebelumnya diuninstall dulu, semoga membantu

  2. ade

    numpang tanya2 sob,,,
    W pake DVDsupermulti, dia bisa burning cd/dvd.
    masalahnya, pas w abis instal2 program virtual cd, eh jd aneh tuh romnya.

    w masukin DVDblank, kebacanya CD DRIVER, udah itu sizenya full lg,, padahal kosong tuh CD, w coba pake DVD yg ada isinya, kebaca,

    knp yah sob? udah w uninstal tuh Virtual cdnya, jg gk bsa, udah w hadware uninstal jg gk bsa.

    tolong bantu yah..

    • Rido Arianggoro

      Hmm, aneh juga. DVD blank kebaca full biasanya terjadi kalo dimasukin ke drive yg ga bisa write/burn DVD, macam CDRW drive ato DVD combo yg gbs write DVD. Emang sebelumnya bisa buat burn DVD ya.
      Kalo emang sebelumnya bisa, kemungkinan pertama DVDnya rusak, atau kerusakan sistem. Mungkin registry cleanup bisa dicoba, barangkali sisa2 dari program virtual cd masih mengganggu.

  3. mawardi

    mau tanya ne…. saya sedikit awam tentang dunia perangkat komputer. kemaren saya membeli 1 unit lebtop merek toshiba, jadi waktu sampai di rumah, saya bongkar itu barang dari kotaknya, saya liat satu persatu barang yang ada bawaannya. ternyata CD drive yang tidak ada. kemudian saya kembali ke toko saya membeli barang tersebut. saya tanyakan CD drive kenapa tidak ada, mereka menjawab kalau data yang ada di CD drive tersebut sekarang sudah langsung di copy ke hardis leptobnya n engk menggunakan lagi CD seperti biasanya.

    mohon penjelasannya tentang kenapa mereka tidak menggunakan CD drive itu lagi.

    • Rido Arianggoro

      memang ada laptop keluaran baru menyertakan file drivernya sudah terkopi di dalam harddisk leptop, jadi nggak ada CD drivernya, mungkin untuk kepraktisan dari pabrik laptopnya. Jadi mereka nggak usah burn CD driver yg memakan biaya lebih dibandingkan mengkopi file langsung ke harddisk laptop.
      Tapi ada negatifnya juga, kalau-kalau data yang ada di harddisk terhapus, kita nggak punya backupannya.
      Mungkin pihak pabriknya mempunyai pemikiran bahwa driver akan terus diupdate sehingga versi terbarunya bisa didownload di situs resmi vendor laptopnya.

  4. opan

    sorry nech brow..aq punya masalah dengan dvd driver, napa ya klo aq masukin cd/dvd isi kebaca tapi klo nyang kosong ga bisa baca napa tuch? thx

    • Rido Arianggoro

      Mungkin dvd driver milik anda yang tipe kombo, jadi tidak bisa membaca DVD kosong, atau read only [CD-ROM/DVD-ROM].
      Coba cek spesifikasi dvd driver anda lagi. Jika memang DVD-RW, mungkin ada ketidakcocokan dengan tipe dvd kosong.

  5. Erlyn

    Tolong nih, dvd/cd rw driver saya ga bisa baca dvd rw kosong di open properti cuma ke pakai 0 free 0.padahal udah burn cd rw dan sukses.tapi mo burn dvd tdk sukses hanya sampai writing sj di nero nya ga bisa masuk ke dìsk kosongnya.knapa ya?trims sblmnya

    • Rido Arianggoro

      Kalau DVD/CD-RW yang bisa baca cdrw kosong tapi dvdrw kosong tidak bisa, kemungkinan tipe keluaran merk DVD RW drive adalah tipe yang lama. Beberapa tipe DVDRW drive lama nggak bisa membaca dengan benar DVD kosong keluaran terbaru.
      Atau coba dvdnya diformat lagi, dierase, apakah kembali muncul free space atau tidak.

  6. LOviNzSky

    misi,,numpang nanya.
    aqu pengen mindahin data ke dvd – R+
    tapi ga bisa ajj, uda di coba pake semua software
    dari imgburn,nero, tapi tetep kaga bisa
    dvdnya ga kebaca tu saat mao di copy ke dvd,padahal saya stel dvd filem bisa.
    tapi tiap mao pindahin data ga bisa
    tolong pencerahannya ya,,,
    makasih
    klo uda ada jawabannya / bisa di jawa tlong krim ke email qu
    s3my_gookil@yahoo.com

    • Rido Arianggoro

      Saya asumsikan anda ingin memindah data berupa film di dvd. Pertama tergantung format filmnya.
      Kalau DVD film asli kemungkinan ada sistem proteksi untuk mencegah file dikopi ke dalam komputer,
      atau DVD drive anda keluaran lama.
      Kemungkinan lain jika file film di dvd bukan format dvd ada ketidaksempurnaan saat proses burning.
      Asumsi saya yang lain, anda mencoba untuk memindah data di komputer anda ke dvd. Jika ini adanya, kemungkinan tipe dvd-drive anda merupakan tipe read-only, tidak bisa digunakan untuk burning. (DVD-ROM)

  7. nugraha

    om tolongin ane om

    ane kan beli DVD game
    pas ane masukin tuh DVD kok suka not responding yah?

    terus file-file yang berformat .exe ngga kebaca

    tolong solusinya om

    :beer

    • Rido Arianggoro

      Bisa dipastikan file yang ada di disk sudah korup alias badsector, jadi komputer suka not responding karena nggak bisa dapet data yg benar dari DVD. Penyebabnya bisa permukaan DVD kotor/beret-beret atau melengkung.
      Solusinya dapetin kopian DVD yg baru, atau kalo mau coba selametin data yg bisa diselametin seadanya coba download program “Roadkil’s UNSTOPPABLE COPIER” (programnya kecil) buat kopi data-data yg ada di DVD rusak itu.

  8. AJie

    Gan, saya baru beli dvd tutorial photoshop (9 CD), isi nya video tutorial dan file2 buat latihannya…tapi dvd rom notebook saya tidak bisa membacanya, bahkan dilihat isinya saja tidak bisa. CD seperti tidak berputar di dalam. tapi saya coba dengan CD yang lain, bisa diputar. kira2 apa permasalahannya ya gan?Terima kasih sebelumnya

  9. Deden

    mas tolong nih dvd drive saya bisa buat burning tapi ga bisa baca file…

    • Rido Arianggoro

      wadduh, kok aneh…
      apa semua disk yg dicoba emang nggak bisa kebaca? Soalnya kalo bisa burning optiknya baik-baik saja. Kalau disk lain bisa, berarti disk yg anda maksudkanlah yang rusak.

    • dayat

      sama ane tp pake dvd lg gk bs baca disk setelah burning meski burningnya terlihat sukses dan eject otomatis tp kalo dipake disknya terbaca kosong.
      kira-kira apa yang salah, dan kalo gak salah apa dari trimpotnya yang di set lagi mohon pencerahannya

  10. arihta

    gan saya beli DVD kosong tapi isinya tidak ada sewaktu saya properties kosong
    gimana solusinya gan…apa ada program menambah kapasitas DVD yang benar2 kosong

  11. khoiri

    mas, kenapa CD/DVD Drive laptop saya tidak mau membaca CD data ato CD auto run???
    setiap masuk CD yang ada isinya dianggap kosong dana ada penawaran Burn CD???
    tolong jelasin yaaaaaa

  12. Kania

    gan,
    apa cd yg melengkung bisa di benerin?
    maksudnya d lurusin lagi..

    saya sdh coba nimpa cd nya dengan buku2 tebal berhari-hari tapi tetap melengkung..

    mohon bantuannya…
    trims..

    • Rido Arianggoro

      yah, meluruskan cd yang melengkung memang beresiko patah dengan menekuk-nekuk ke arah berlawanan dengan arah melengkung cd, memakai tenaga yang tidak terlalu keras. Selebihnya coba ke pembaca lain, atau ucapkan selamat tinggal pada cd tsb

  13. ZuAreDhi

    Wah …………….. Bermanfaat sekali, saya berterimakasih sekali ……… Bagaimana cara menngkatkan kinerja optik yang sudah melelmah ya ?????????

    • Rido Arianggoro

      Optik yang melemah tidak seperti ibarat pisau yang tumpul bisa diasah lagi. Jika optik lemah bisa dipakaikan kacamata (haha, bercanda) berhubung tidak ada yg menyediakan penggantian optik, sebaiknya menghemat pemakaian supaya tidak cepat lemah.

  14. arul

    saya coba instal gaem tuh DVD di DVD RW,,tpi gak kebaca sebagian datanya,
    setelah saya coba di komputer temen, eh ternyata lancar2 aza tuh..
    solusinya gimana ya??

  15. ade

    numpang nanya ni..
    laptop saya OSnya XP, trus DVD ROOM saya kok cuma bisa baca CD/DVD yang dulunya pernah diburn di laptop saya, untuk baca CD/DVD yang diburn dari komputer lain kagak bisa, selain itu untuk baca CD/DVD blank juga gak bisa. kalaupun bisa kebaca selalu tertanda 0 MB.
    kira-kira apanya yang eror ya?mohon solusinya..

  16. christian

    om saya koq kalo masukin kaset DVD kykny tuh DVD RW saya gk mao muterin ksetny ya..
    itu napa om??

  17. Mau tanya nih,,DVD RW aq ga bisa baca CD tpi klo DVD bisa ke baca,, Klo masukin CD Tulisan CD Driver (F), ga bisa kebuka filenya,, tpi klo masukin DVD bisa ke buka,,,padahal nih kebanyakan file2nya di CD,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s